Creating Today The Technology for Tomorrow
   
 Telusur Inovasi
 Membership
 Download
 Tips & Trik Hobi

 
 

PUSTAKA IPTEK

Jurnal Saint dan Teknologi BPPT

Link Terkait:
[ Resensi Buku Ilmiah ]
[ Jurnal Saint dan Teknologi BPPT ]
[ Link Perpustakaan ]

Untitled Document

V3.n9.09

JUDUL : ISOLASI EUGENOL DARI MINYAK DAUN CENGKEH SKALA PILOT PLANT

PENGARANG : Ali Nurdin, Achmad Mulyana, Hadi Suratno


Abstract

The aim of this research is to increase eugenol content in clove leaf oil (CLO) from the clove farmer. The increase of eugenol content is carried out by saponification process, and the separation of other component (terpena layer) from eugenol. The process can increase eugenol content from 75% to 96%. Afterwards, eugenol is purified from water and other light component by vacuum distillation. As a result eugenol reached about 98% with amount of 50,25% yields from total amount of initial clove leaf oil.

Katakunci : Minyak Daun Cengkeh, eugenol, saponifikasi, distilasi.


Sumber :
Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia Vol.3, No.9, (Desember 2001), hal. 58-62 Humas-BPPT/ANY


PENDAHULUAN

Minyak cengkeh adalah salah satu jenis dari minyak atsiri yang terdapat di Indonesia, terutama di propinsi Jawa Tengah seperti kabupaten Tegal, Banyumas, Salatiga, Solo dan sekitarnya.

Ada 3 tipe cengkeh yang dibudidayakan di Indonesia yaitu siputih, sikotok dan zanzibar, yang dibedakan dari ciri-ciri pada pucuk, cabang muda, daun, ranting, bunga, percabangan atau bentuk mahkota pohon (4) .

Pengolahan cengkeh dilakukan dengan cara ekstraksi. Ekstraksi minyak dilakukan pada bagian bunga, tangkai bunga dan daunnya. Dari ketiga bagian tersebut yang paling ekonomis adalah ekstrak bagian daunnya (1) . Oleh karena itu jenis minyak cengkeh yang umum diperjualbelikan adalah minyak daun cengkeh ( clove leaf oil ).

Minyak daun cengkeh hasil penyulingan dari petani mempunyai kadar eugenol berkisar antara 70-80%, sedangkan untuk industri dibutuhkan minyak dengan kadar eugenol paling rendah 90% (5) . Oleh karena itu diperlukan proses lebih lanjut yang dapat mengisolasi eugenol dari minyak cengkeh. Peningkatan kualitas dan kuantitas MDC petani dilakukan melalui modifikasi dan pengembangan proses produksinya, sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan daya saing produk minyak daun cengkeh Indonesia yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan para petani cengkeh, menambah pendapatan daerah serta dapat meningkatkan devisa negara.

Komponen utama minyak cengkeh adalah terpena dan turunannya (4) . Komponen inilah yang penting dalam kegiatan industri seperti dalam parfum, flavor , obat-obatan, cat, plastik dan lain-lain. Terpena yang ada dalam minyak cengkeh adalah eugenol, eugenol asetat dan caryophylene . Ketiga senyawa tersebut merupakan komponen utama penyusun minyak cengkeh dengan kandungan total mencapai 99% dari minyak atsiri yang dikandungnya.


KESIMPULAN

Dari hasil pengolahan minyak daun cengkeh pada pilot plant dapat disimpulkan :
  1. Teknologi pengolahan minyak daun cengkeh masih memerlukan pengembangan untuk meningkatkan kualitas minyak yang dihasilkan sehingga memenuhi spesifikasi pasar.

  2. Penggunaan pilot plant eucalyptus mampu meningkatkan kualitas minyak cengkeh dari kandungan eugenol 75% hingga 98%.

  3. Keunggulan PPE terutama pada sistem vakum reaktor distilasi R3, sehingga mampu menurunkan titik didih eugenol.

  4. Perolehan eugenol melalui proses Pilot Plant Eucalyptus adalah 50,25% dari jumlah MDC.

  5. Percobaan pengolahan minyak daun cengkeh skala pilot plant membantu solusi pengolahan minyak cengkeh yang efisien dan berkualitas tinggi.