Creating Today The Technology for Tomorrow
   
 Telusur Inovasi
 Membership
 Download
 Tips & Trik Hobi

 
 

PUSTAKA IPTEK

Jurnal Saint dan Teknologi BPPT

Link Terkait:
[ Resensi Buku Ilmiah ]
[ Jurnal Saint dan Teknologi BPPT ]
[ Link Perpustakaan ]

Untitled Document

V3.N5. 24

JUDUL : KAJIAN AERODINAMIKA KENDARAAN PADA TEROWONGAN ANGIN 30 X 30 CM

PENGARANG : Yanto Daryanto, Hadidjah Modjo, Pramonoaji dan John H. Karim

Abstract

In addition to ergonomic and function. Aerodynamics factor makes its major impact on modern automotives design its constribution to drag forces . Aerodynamic coefficients are different for each automotive shape. Hence, we need researches and assessments of automotive shape. One of the researches is to measure aerodynamic forces in the wind tunnel. This paper desribes the basic of automotives aerodynamics and the results of four wheelers automotive testing in a thirty by thirty centimeter low speed wind tunnel.

Katakunci : aerodinamika, terowongan angin, automotive


Sumber :
Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia Vol.3, No.5, (Agustus 2001), hal. 184-189 Humas-BPPT/ANY


PENDAHULUAN

Pada tahapan perencanaan pembuatan kendaraan bermotor faktor aerodinamika makin berperan dan banyak diperhatikan, hal ini didasarkan pada pimikran untuk penghematan bahan bakar, kenyaman dan kestabilan terutama pada kecepatan tinggi.

Cara yang diterapkan adalah dengan menciptakan mesin yang efisien (irit bahan bakar) dan bentuk yang aeridinamis dengan gaya hambat kecil Dimana kedua hal tersebut akan bermuara pada penghematan bahan bakar.

KESIMPULAN

  • Gaya hambat sangat dipengaruhi oleh bentuk kendaraan seperti terlihat pada model uji A dan model uji B dimana nilai koefisien dragnya relatif kecil dibandingkan dengan bentuk kendaraan model uji C

  • Bentuk kendaraan yang aerodinamis akan mempunyai nilai koefisien gaya hambat relatif kecil walaupun frontal area lebih besar, seperti terlihat pada model uji A dan model uji B