Creating Today The Technology for Tomorrow
   
 Telusur Inovasi
 Membership
 Download
 Tips & Trik Hobi

 
 

PUSTAKA IPTEK

Jurnal Saint dan Teknologi BPPT

Link Terkait:
[ Resensi Buku Ilmiah ]
[ Jurnal Saint dan Teknologi BPPT ]
[ Link Perpustakaan ]

V2

V2.n3.06

JUDUL : PENGARUH PENGGANTIAN JAGUNG DENGAN  BIJI HERMADA (Sorghum Bicolor) DALAM  PAKAN  TERHADAP PERFORMANS AYAM BROILER

PENGARANG : Sindu Akhadiarto

Abstract

Recently, planting of “Hermada” (Sorghum Bicolor) growth rapidly in any region of Indonesia. Its because their rachis used for handycraft to export but their seeds an valuable with low price. This seeds can use for corn substitution in animal feed. The aims of the research for know effect of substitute corn with hermada to performance of broiler chicken. The result should showed that processed white and brown seed hermada can substitute 100 % of corn and suitable economically. 

Kata Kunci : hermada, pakan, tannin, ayam broiler.

Sumber :

Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia Vol.2, No.3, (Juni 2000), hal. 40-46 Humas-BPPT/ANY

PENDAHULUAN

Penyediaan pakan yang memadai dalam arti cukup jumlah dan cukup gizinya, dalam suatu usaha budidaya peternakan sangat menunjang keberhasilan suatu usaha.  Namun seiring dengan meningkatnya harga pakan buatan yang cukup tajam terasa sangat memberatkan peternak, karena anggaran untuk biaya pakan dapat mencapai 70 % dari biaya produksi.

Begitu juga pada budidaya ayam broiler (pedaging).  Biaya pakan yang tinggi, terutama pada saat krisis ekonomi seka­rang ini merupakan masalah utama terpuruknya sektor tersebut. Guna mengatasi masalah tersebut perlu dipertimbangkan penggunaan bahan pakan yang lebih murah tetapi tanpa mengabaikan nilai gizinya.   Walaupun teknik penggunaannya mungkin masih memerlukan perlakuan-perlakuan khusus, seperti proses fisis atau kimiawi terhadap bahan baku pakan tersebut.  Dalam hal ini perlu di­perhatikan pula biaya yang diperlukan untuk perlakuan tersebut.

Salah satu bahan baku utama pembuatan pakan tersebut adalah jagung.  Kebutuhan jagung dapat mencapai 60 % dari komposisi pembuatan pakan dan sebagian besar masih di import.   Jagung selain merupakan sumber utama energi untuk ternak, juga dipergunakan sebagai bahan pangan manusia.  Kebutuhan manusia terhadap jagung saat ini terus meningkat, sehingga mengurangi perse­diaan jagung untuk pakan ternak.  Oleh sebab itu harus ada pilihan bahan pakan lain sebagai pengganti jagung, dan salah satu alternatifnya adalah biji rumput hermada (sorghum Bicolor).  Selain harganya lebih murah kandungan zat- zat gizi biji hermada menyerupai jagung.

KESIMPULAN

  • Hermada putih dan coklat yang diolah dapat menggantikan 100 persen kedudukan jagung kuning sebagai sumber energi dalam pakan untuk menghasilkan rataan pertambahan bobot badan/ekor selama enam mingg u.

  • Hermada putih dan coklat yang diolah dapat menggantikan kedudukan jagung kuning dilihat dari segi ekonomis.

  • Penggunaan biji hermada pada ayam pe­daging tanpa perlakuan atau proses apa­pun harus dibatasi sampai 30 persen to­tal Pakan, jika sampai 60 persen total Pakan terbukti menurunkan pertumbuhan.

Secara ekonomi (IOFC), perlakuan pada pakan yang mengandung 55 % hermada putih (diolah) ternyata lebih baik (menguntungkan) daripada  pakan yang mengandung 55 % jagung kuning maupun pakan yang mengandung 55 % hermada coklat.