Creating Today The Technology for Tomorrow
   
 Telusur Inovasi
 Membership
 Download
 Tips & Trik Hobi

 
   

WISATA IPTEK

Link Terkait:
[ Kampus IPTEK Top ]
[ Tokoh IPTEK Top ]
[ Wisata IPTEK ]
[ Info IPTEK Popular ]
[ Polling ]
[ Forum Diskusi ]
[ Agenda IPTEK ]
Pencarian

Info sebelumnya      |      Info selanjutnya


PUSAT PERAGAAN IPTEK TMII
Rabu, 15-02-2006

Ilmu pengetahuan merupakan fondasi bagi teknologi sedangkan teknologi adalah tulang punggung pembangunan. Ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK merupakan segi yang tidak dapat dikesampingkan dari kehidupan dan kesejahteraan manusia. Disadari bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia berkembang sangat cepat, dan perkembangan ini harus disadari adanya dan diketahui arahnya. Pendirian pusat peragaan ini dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat akan adanya perkembangan ini dan ikut maju bersama perkembangan tersebut. Dengan peragaan ini pula masyarakat dapat melihat dari dekat, bahkan ikut berperan serta di dalamnya dan memahami bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi itu berjalan.

Menyadari pentingnya menciptakan situasi dan kondisi yang menyenangkan dalam belajar, Kantor Menteri Riset dan Tekonologi telah membangun sebuah Pilot Project sarana belajar Science Centre di Taman Mini Indonesia Indah bernama PPIPTEK untuk membantu mempermudah para pelajar dan masyarakat Jabotabek dalam memahami konsep dan prinsip sains dan teknologi.

Pada tanggal 10 November 1995 Presiden Republik Indonesia meresmikan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di TMII Jakarta. PPIPTEK adalah salah satu dari sekian tempat kunjungan di TMII yang terdiri dari 7 bangunan pokok, 6 rumah ibadah, 8 bangunan pendukung, 26 anjungan daerah + 1 museum daerah, 15 museum, 14 taman, dan 19 fasilitas lainnya.

Dengan peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, pengunjung dapat mengembangkan motivasinya dalam memahami prinsip-prinsip IPTEK. Banyak benda peragaan IPTEK yang dapat dimainkan sendiri oleh pengunjung di pusat peragaan ini. Dengan sistem ini. pengunjung akan secara langsung menjadi pelaku atau pelaksana ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bagi siswa, bahkan umum pun, Pusat Peragaan IPTEK merupakan arena yang mengasyikkan dan sekaligus mendorong untuk lebih mendalami makna dan peran IPTEK dalam kehidupan dan kesejahteraan manusia. Bersama Pusat Peragaan IPTEK ini diharapkan berkembang pula apresisasi masyarakat terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahwa IPTEK bukan sesuatu yang menakutkan akan tercermin dari peragaan di pusat ini.

PPIPTEK yang saat ini telah genap berusia 10 tahun memiliki dua program pendidikan yakni program pendidikan utama dan program pendidikan tambahan. Pelaksanaan kedua program pendidikan tersebut bertujuan untuk :

    • Menggugah kesadaran dan menumbuhkan apresiasi masyarakat terhadap peranan iptek dalam kehidupan modern.
    • Mendorong timbulnya rasa keinginan tahu terhadap konsep dan prinsip sains dan teknologi
    • Memberi gambaran adanya kaitan antara hasil pengembangan iptek dengan kemajuan dunia industri dalam kehidupan sehari-hari

Program Pendidikan Utama, terdiri dari :

1. Pendidikan berbasis alat peraga :

Alat peraga merupakan inti dari seluruh kegiatan di PPIPTEK. Alat peraga interaktif PPIPTEK dibuat untuk dapat menciptakan dialog exclusive antara manusia dengan alat peraga, sehingga akan merangsang munculnya pertanyaan dan jawaban dalam benak pengguna tentang apa, mengapa dan bagaimana konsep dan prinsip sains teraplikasi dalam kehiddupan.

PPIPTEK TMII memiliki galeri alat peraga yang di dalamnya terdapat kira-kira 250 alat peraga interaktif yang terbagi menjadi 12 wahana, yaitu: Wahana Ilmu Dasar, Listrik dan Magnet, Peneliti Cilik, Transport Laut, Transport Darat, Transpor Udara, Optik, Energi dan Sumber Daya alam, Komputer, Telekomunikasi, Biologi dan Wahana Temporer.

Selain alat peraga interaktif, PPIPTEK TMII juga memiliki delapan buah patung atau lukisan dan riwayat hidup tokoh ilmuwan dunia. 

2. Pendidikan berbasis Pelatihan :

Pendidikan berbasis pelatihan diperuntukan bagi kelompok masyarakat yang haus akan tambahan pengetahuan yang tidak diperoleh di sekolah atau bengku pendidikan formal. Esensi kegiatan yang terprogram dalam pendidikan berbasis pelatihan ini berguna untuk mengembangkan keterampilan dan kreativitas berpikir ilmiah.

Kegiatan pendidikan berbasis pelatihan yang saat ini deselenggarakan PPIPTEK diantarannya adalah :

    • Pelatihan perancangan alat peraga
    • Science camp

3. Pendidikan berbasis ceramah ilmu pengetahuan

Pendidikan berbasis ceramah ilmu pengetahuan merupakan kegiatan pendalaman dari pendidikan berbasis alat peraga. Kegiatan ini berbentuk dialog interaktif antara seorang ahli dalam bidang tertentu dengan pengunjung seputar teknologi yang ada kaitanya dengan alat peraga.

Pogram Pendidikan Tambahan merupakan fasilitas-fasilitas yang disediakan PPIPTEK untuk mendukung program pendidikan utama, meliputi :

    • Penyediaan perpustakaan bagi pelajar dan keluarga
    • Pertunjukan film ilmiah
    • Peenyediaan ruang peneliti cilik untuk mengakomodasi alat peraga anak usia 3 s.d. 8 tahun.

 

 

 

 



Sumber: IPTEKnet / Anne