Creating Today The Technology for Tomorrow
   
 Telusur Inovasi
 Membership
 Download
 Tips & Trik Hobi

 
   

WISATA IPTEK

Link Terkait:
[ Kampus IPTEK Top ]
[ Tokoh IPTEK Top ]
[ Wisata IPTEK ]
[ Info IPTEK Popular ]
[ Polling ]
[ Forum Diskusi ]
[ Agenda IPTEK ]
Pencarian

Info sebelumnya      |      Info selanjutnya


Jawa Timur Park Science Center
Kamis, 19-04-2007

Sejalan dengan upaya untuk turut berperan aktif dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan potensi perekonomian rakyat dan meningkatkan bidang pariwisata di Jawa Timur, PT. Bunga Wangsa Sejati mengembangkan sebuah obyek pariwisata yang memadukan secara serasi konsep pendidikan dan konsep pariwisata dalam satu ruang dan satu waktu agar masyarakat dapat lebih mengenal budaya bangsa, sekaligus menambah khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mendirikan Jawa Timur Park pada lahan seluas 22 hektar, dengan jarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Batu.

Keberadaan Jawa Timur Park diharapkan dapat memberi peluang bagi peserta didik (mulai dari tingkat TK s/d SMU dan mahasiswa) untuk lebih mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperolehnya selama ini, dalam suasana rekreatif dan rileks. Diharapkan sekolah sebagai institusi utama yang mengemban upaya pencerdasan kehidupan bangsa dapat memanfaatkan Jawa Timur Park sebagai media pembelajaran luar kelas (outdoor activity) bagi peserta didiknya. Jawa Timur Park menyediakan berbagai fasilitas, baik yang bersifat rekreatif seperti Taman Bermain, Kolam renang, Rumah Sesat, dll. Maupun yang bersifat edukatif, antara lain Science Park, Agro Park, Reptil Park, Miniatur Candi, Baby Zoo, dan fasilitas pembelajaran lainnya.

Jawa Timur Park Science Center diresmikan oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi --pada waktu itu---, Ir. H. M. Hatta Rajasa, pada 2 Maret 2002 sebagai salah satu Pusat Peragaan Iptek (Puspa Iptek) di Indonesia. Jawa Timur Park Science Center merupakan suatu kawasan belajar yang terdiri dari 12 stand dengan luas sekitar 1000m2. Berisi alat-alat peraga IPTEK dan karya-karya teknologi inovatif. Di tempat ini siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum dapat menyaksikan dan mencoba peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga diharapkan dapat memperluas wawasan, memperkaya pemahaman, mengapresiasi temuan-temuan teknologi, dan akhirnya diharapkan dapat mempercepat proses pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang kelak menjadi unsur penguat dalam kompetitif antar bangsa.

Alat peraga yang terdapat di Jatim Park Science Center ini ada beberapa macam, diantaranya adalah : Lorong 1000 Bayangan, Kultur Jaringan, Aneka Model "Organ Tubuh Manusia", Bola plasma, dan Bola Bernaulli.

Kontributor Taman Belajar ini adalah :

  1. Kementrian Riset dan Teknologi RI
  2. TelkomDivisi Regional V Jatim
  3. Unibraw Malang
  4. Universitas Negeri Malang
  5. Politeknik Negeri Malang
  6. Pusat pengembangan Penataran Guru Teknologi(VEDC)
  7. PT Pudak Scientific Bandung
  8. Citra MIPA Malang
  9. MI Malang I
  10. Produsen Vacum Fryer Malang



Sumber: Up dates jawatimurpark-dot-com / Tyas S.A